Assalamualaikum wr.wb
Pada
kesempatan kali ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya dalam
membuat tugas softskill yaitu mengenai "Pembuatan Software Untuk Anak Usia
8 Tahun ke bawah", dalam pembuatan software ini saya bekerjasama dengan
tim yang beranggotakan Dean, Dhea, Fathya, Singgih, Fajar, Haris, Ficki, dan
saya sendiri.
Pada dasarnya kami memiliki niat untuk membuat suatu software yang bersifat mendidik atau dalam konteks pendidikan, dalam pemikiran kami semua hanya ada 2 bidang yaitu bahasa dan matematika. Alasan saya yang terlintas kenapa harus bahasa dan matematika dikarenakan matematika dapat melatih logika si anak dalam berpikir sedangkan bahasa dapat melatih pemahaman serta melatih mengingat kosakata yang ada pada setiap soal nantinya.
Anggota
dalam kelompok ini terdiri dari 8 orang dimana awal mulanya masing-masing
mengambil porsi sebagai berikut:
1.
Dean & Fathya (Desain User Interface
untuk bidang Matematika)
2.
Saya & Ficki (Desain User Interface untuk
bidang Bahasa)
3.
Dhea, Singgih, Fajar, dan Haris (Membuat
kodingan softwarenya)
Awal
mulainya progress kami sepakat hanya akan menyelesaikan prototype, slide
presentasion dan sebagian aplikasi yang tidak selesai sempurna. Pada proses
pembuatannya banyak kendala yang saya dapatkan bersama tim, dimana awalnya salah
satu anggota tim kami kehilangan laptop sehingga menghambat pengerjaan kodingan
aplikasi. Saya bersama ficki yang bertugas untuk mendesain UI bidang bahasa mendapat
kendala juga, dimana hal yang kami dapatkan adalah mengenai tampilan yang akan
dibuat pada bahasa harus sama dengan tampilan pada matematika.
Dalam
membuat aplikasi ini tentu banyak perihal yang menjadi kendala salah satunya
padatnya jadwal kuliah dan tugas membuat kami tidak bisa berpikir dengan bebas bagaimana
bentuk desain tampilan antarmuka dengan usernya, terlebih lagi kendala saya
tidak pernah menggunakan aplikasi prototype sehingga membuat saya kebingungan
dalam membuat desainnya akhirnya saya mencoba menggunakan aplikasi yang
biasanya saya gunakan yaitu Coreldraw.
Setelah
saya dan ficki selesai mencoba untuk mendesain tampilan awal, saya paparkan
kepada teman satu tim saya, begitu pula dean dan fathya ikut memaparkan. Saat
proses pemaparan sangat banyak perbedaan desain antara bahasa dan matematika
dan alhasil kami sepakat untuk menggunakan desain dari dean dan fathya yang
akan digunakan pada bahasa pula.
Dalam
pembuatan apliaksi ini saya juga memberikan fasilitas untuk berkumpul
mengerjakan tugas ini seperti kostan, saya membebaskan anggota tim saya untuk
berkumpul mengerjakan projek ini agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Kendala
terbesar yang saya dapatkan adalah membuat prototype, dimana saya belum pernah
membuat/menggunakan aplikasi pembuatan prototype sebelumnya, namun kendala itu
tidak terlalu berarti karena dengan google & youtube semua jadi mudah.
Demikian pengalaman saya
dalam membuat software untuk anak 8 tahun kebawah
Wassalamualaikum wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar