SELAMAT DATANG DI BLOG INI, BLOG TEMPAT BERBAGI ILMU

Minggu, 19 November 2017

Pembuatan Software Untuk Anak Usia 8 tahun ke bawah


Assalamualaikum wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya dalam membuat tugas softskill yaitu mengenai "Pembuatan Software Untuk Anak Usia 8 Tahun ke bawah", dalam pembuatan software ini saya bekerjasama dengan tim yang beranggotakan Dean, Dhea, Fathya, Singgih, Fajar, Haris, Ficki, dan saya sendiri.

Pada dasarnya kami memiliki niat untuk membuat suatu software yang bersifat mendidik atau dalam konteks pendidikan, dalam pemikiran kami semua hanya ada 2 bidang yaitu bahasa dan matematika. Alasan saya yang terlintas kenapa harus bahasa dan matematika dikarenakan matematika dapat melatih logika si anak dalam berpikir sedangkan bahasa dapat melatih pemahaman serta melatih mengingat kosakata yang ada pada setiap soal nantinya.
Anggota dalam kelompok ini terdiri dari 8 orang dimana awal mulanya masing-masing mengambil porsi sebagai berikut:
     1.    Dean & Fathya (Desain User Interface untuk bidang Matematika)
     2.    Saya & Ficki (Desain User Interface untuk bidang Bahasa)
     3.    Dhea, Singgih, Fajar, dan Haris (Membuat kodingan softwarenya)
Awal mulainya progress kami sepakat hanya akan menyelesaikan prototype, slide presentasion dan sebagian aplikasi yang tidak selesai sempurna. Pada proses pembuatannya banyak kendala yang saya dapatkan bersama tim, dimana awalnya salah satu anggota tim kami kehilangan laptop sehingga menghambat pengerjaan kodingan aplikasi. Saya bersama ficki yang bertugas untuk mendesain UI bidang bahasa mendapat kendala juga, dimana hal yang kami dapatkan adalah mengenai tampilan yang akan dibuat pada bahasa harus sama dengan tampilan pada matematika.
Dalam membuat aplikasi ini tentu banyak perihal yang menjadi kendala salah satunya padatnya jadwal kuliah dan tugas membuat kami tidak bisa berpikir dengan bebas bagaimana bentuk desain tampilan antarmuka dengan usernya, terlebih lagi kendala saya tidak pernah menggunakan aplikasi prototype sehingga membuat saya kebingungan dalam membuat desainnya akhirnya saya mencoba menggunakan aplikasi yang biasanya saya gunakan yaitu Coreldraw.
Setelah saya dan ficki selesai mencoba untuk mendesain tampilan awal, saya paparkan kepada teman satu tim saya, begitu pula dean dan fathya ikut memaparkan. Saat proses pemaparan sangat banyak perbedaan desain antara bahasa dan matematika dan alhasil kami sepakat untuk menggunakan desain dari dean dan fathya yang akan digunakan pada bahasa pula.
Dalam pembuatan apliaksi ini saya juga memberikan fasilitas untuk berkumpul mengerjakan tugas ini seperti kostan, saya membebaskan anggota tim saya untuk berkumpul mengerjakan projek ini agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Kendala terbesar yang saya dapatkan adalah membuat prototype, dimana saya belum pernah membuat/menggunakan aplikasi pembuatan prototype sebelumnya, namun kendala itu tidak terlalu berarti karena dengan google & youtube semua jadi mudah.
Demikian pengalaman saya dalam membuat software untuk anak 8 tahun kebawah
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar