SELAMAT DATANG DI BLOG INI, BLOG TEMPAT BERBAGI ILMU

Selasa, 25 Oktober 2016

Makalah Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial



BAB I : PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Sebagai salah satu usaha untuk memberi bekal, yang dapat diharapkan memberi pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala -  gejala sosial agar persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar. Mahasiswa lebih perduli terhadap lingkungannya dan dapat meyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial tersebut.
1.2. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan ISD, IBD, IPS, IPA?
2. Apakah tujuan dari ISD, IBD, IPS, IPA?
3. Apa saja perbedaan dari ISD, IBD, IPS, IPA?
4. Apa saja persamaan dari ISD, IBD, IPS, IPA?
1.3. Tujuan
1. Mahasiswa memahami pengertian ISD, IBD, IPS, IPA.
2. Mahasiswa memahami tujuan ISD, IBD, IPS, IPA.
3. Mahasiswa mengetahui perbedaan ISD, IBD, IPS, IPA.
4. Mahasiswa mengetahui persamaan ISD, IBD.

BAB II  : PEMBAHASAN

2.1 Pengertian
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah manusia.
Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang langkah-langkah yang dikembangkan menjadi masalah manusia dan kebudayaan.
Pengertian ilmu pengetahuan sosial dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pengertian IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Menurut H.W. Fowler et-al adalah ilmu yang sistematis dan dirumuskan, dimana berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi.
2.2 Tujuan
Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat dipertajam.
                Tujuan belajar ilmu budaya dasar untuk membentuk pola pemikiran manusia lebih kritis dalam suatu permasalahan dan melatih cara berkomunikasi antar satu sama lain. Di samping itu bisa membangun mahasiswa agar menjadi calon pemimpin bangsa dan negara yang di siplin dan menjunjung nilai-nilai kebudayaan negaranya sendiri.
                Menurut Rudy Gunawan (2011: 37) pembelajaran IPS bertujuan membentuk warga negara yang berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupannya sendiri di tengah-tengah kekuatan fisik dan sosial, yang pada gilirannya akan menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
                Pembelajaran IPA bertujuan agar mahasiswa mampu menguasai konsep IPA dan keterkaitannya serta mampu mengembangkan sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan Pencipta-Nya.
BAB III : KESIMPULAN

3.1  Perbedaan ISD, IBD, IPS, IPA
                Perbedaan yang terdapat dalam Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah aturan menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan.

3.2 Persamaan ISD, IBD, IPS, IPA
                Dapat disimpulkan bahwa, persamaan antara Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam  merupakan ilmua yang bertujuan untuk menjadikan mahasiswa mampu mengatasi sebuah masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara sistematis dan menjunjung nilai-nilai kebudayaan negaranya sendiri.

REFERENSI
Kirana, Cinta. “Sistematika Penulisan Makalah”. 19 September 2016. http://dilihatya.blogspot.co.id/2014/05/contoh-sistematika-penulisan-makalah.html
Hari, Putra. “Makalah Ilmu Sosial Dasar”. 19 September 2016. http://putrahn.blogspot.co.id/2014/10/kata-pengantar-segala-puji-syukuratas.html
Setiawan Prabowo, Hamudi. “Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar”. 19 september 2016. http://prabowo-womanizer.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html
Taufiq Caesar, Ahmad. “Pengertian dan Tujuan Ilmu Budaya Dasar”. 19 September 2016. https://ahmadtaufiqcaesar.wordpress.com/3-2/
Yustinda, Maharomi. “Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial”. 20 September 2016. https://muharomiytd.wordpress.com/2014/10/13/ilmu-sosial-dasar-dan-ilmu-pengetahuan-sosial/
Serizawa, Ali. “Pengertian IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Menurut Para Pakar”. 20 September 2016. http://www.pengertianpakar.com/2014/09/pengertian-ipa-ilmu-pengetahuan-alam-menurut-para-pakar.html
Alfawzy. “Fungsi, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)”. 20 September 2016. http://fazan.web.id/fungsi-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-pengetahuan-sosial-ips.html
Puji Lestari, Tri. “Hakikat dan Tujuan Pembelajaran IPA”. 20 September 2016. http://lestarysnote.blogspot.co.id/2016/03/hakikat-dan-tujuan-pembelajaran-ipa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar