BAB I : PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Sebagai salah satu usaha untuk
memberi bekal, yang dapat diharapkan memberi pengetahuan umum dan pengetahuan
dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala - gejala sosial agar persepsi dan penalaran
mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga
kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar. Mahasiswa
lebih perduli terhadap lingkungannya dan dapat meyelesaikan permasalahan-permasalahan
sosial tersebut.
1.2. Rumusan
Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan ISD, IBD,
IPS, IPA?
2. Apakah tujuan dari ISD, IBD, IPS,
IPA?
3. Apa saja perbedaan dari ISD, IBD,
IPS, IPA?
4. Apa saja persamaan dari ISD, IBD,
IPS, IPA?
1.3. Tujuan
1. Mahasiswa memahami pengertian ISD,
IBD, IPS, IPA.
2. Mahasiswa memahami tujuan ISD, IBD,
IPS, IPA.
3. Mahasiswa mengetahui perbedaan ISD,
IBD, IPS, IPA.
4. Mahasiswa mengetahui persamaan ISD,
IBD.
BAB II : PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Ilmu Sosial Dasar
adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah
sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk
mengkaji masalah manusia.
Ilmu budaya dasar
adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang langkah-langkah yang dikembangkan menjadi masalah
manusia dan kebudayaan.
Pengertian ilmu
pengetahuan sosial dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang
masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari
berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah,
geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek
psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pengertian IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam) Menurut H.W. Fowler et-al adalah ilmu yang sistematis dan
dirumuskan, dimana berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan
terutama atas pengamatan dan induksi.
2.2 Tujuan
Tujuan umum
diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan
pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan
pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya,
khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya
tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat
dipertajam.
Tujuan
belajar ilmu budaya dasar untuk membentuk pola pemikiran manusia lebih kritis
dalam suatu permasalahan dan melatih cara berkomunikasi antar satu sama lain.
Di samping itu bisa membangun mahasiswa agar menjadi calon pemimpin bangsa dan
negara yang di siplin dan menjunjung nilai-nilai kebudayaan negaranya sendiri.
Menurut
Rudy Gunawan (2011: 37) pembelajaran IPS bertujuan membentuk warga negara yang
berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupannya sendiri di tengah-tengah
kekuatan fisik dan sosial, yang pada gilirannya akan menjadi warga negara yang
baik dan bertanggung jawab.
Pembelajaran
IPA bertujuan agar mahasiswa mampu menguasai konsep IPA dan keterkaitannya
serta mampu mengembangkan sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang
dihadapinya sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan Pencipta-Nya.
BAB
III : KESIMPULAN
3.1 Perbedaan ISD, IBD, IPS, IPA
Perbedaan
yang terdapat dalam Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Ilmu Pengetahuan
Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah aturan menyelesaikan permasalahan yang
ada di lingkungan.
3.2 Persamaan ISD,
IBD, IPS, IPA
Dapat
disimpulkan bahwa, persamaan antara Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Ilmu
Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam
merupakan ilmua yang bertujuan untuk menjadikan mahasiswa mampu
mengatasi sebuah masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara
sistematis dan menjunjung nilai-nilai kebudayaan negaranya sendiri.
REFERENSI
Kirana, Cinta.
“Sistematika Penulisan Makalah”. 19 September 2016. http://dilihatya.blogspot.co.id/2014/05/contoh-sistematika-penulisan-makalah.html
Hari, Putra.
“Makalah Ilmu Sosial Dasar”. 19 September 2016. http://putrahn.blogspot.co.id/2014/10/kata-pengantar-segala-puji-syukuratas.html
Setiawan Prabowo,
Hamudi. “Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar”. 19 september
2016. http://prabowo-womanizer.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html
Taufiq Caesar,
Ahmad. “Pengertian dan Tujuan Ilmu Budaya Dasar”. 19 September 2016. https://ahmadtaufiqcaesar.wordpress.com/3-2/
Yustinda, Maharomi.
“Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial”. 20 September 2016. https://muharomiytd.wordpress.com/2014/10/13/ilmu-sosial-dasar-dan-ilmu-pengetahuan-sosial/
Serizawa, Ali.
“Pengertian IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Menurut Para Pakar”. 20 September 2016.
http://www.pengertianpakar.com/2014/09/pengertian-ipa-ilmu-pengetahuan-alam-menurut-para-pakar.html
Alfawzy. “Fungsi,
Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)”. 20 September 2016. http://fazan.web.id/fungsi-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-pengetahuan-sosial-ips.html
Puji Lestari, Tri. “Hakikat dan Tujuan Pembelajaran IPA”.
20 September 2016. http://lestarysnote.blogspot.co.id/2016/03/hakikat-dan-tujuan-pembelajaran-ipa.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar